Demokrasi Tanpa Henti

Dimensi: xvi+154 Hlm. 14 cm x 21 cm. ISBN: 978-602-61603-5-5



PEMILU serentak tahun 2019 telah usai, kini semua KPU tingkat Kabupaten dan Kota sudah menyelesaikan semua tahapan Pemilu 2019. Tahun politik yang sungguh mendebarkan karena untuk pertama kalinya digelar secara serentak.

Namun, semua dapat dilalui dan target pencapaian tingkay partisipasi Pemilu nasional dapat dicapai. Hal ini tentu merupakan kinerja yang perlu untuk terus dipertahankan dan ditingkatkan. Di luar dari kerja program kaitannya dengan Pemilu yang telah dilaksanakan. Kami mengapresiasi proses kreativitas yang dilakukan komisioner KPU Kabupaten dan Kota yang melakukan inovasi. Sebagaimana buku ini yang lahir dari proses kreativitas tersebut.

Buku ini bisa menjadi rujukan dan panduan dalam menyampaikan pertanggungjawaban ke masyarakat dalam mengabarkan proses kinerja yang telah dilakukan di sepanjang proses tahapan Pemilu 2019. Meski begitu, buku ini tidak bisa dikatakan sebagai rujukan utama dalam melihat apa yang telah dilakukan KPU Kabupaten Pangkep. Lebih tepatnya jika buku ini merupakan bentuk lain dari laporan kinerja.          

Dalam buku ini dijabarkan beberapa kegiatan yang dilakukan KPU Kabupaten Pangkep untuk menjangkau tiga kategori wilayahnya: daratan, pegunungan, dan pulau. Dari mulai kegiatan untuk mengabarakan kepada masyarakat dan pemilih tentang tahapan Pemilu melalui sosialisasi dan pendidikan pemilih dengan pendekatan yang terencana dan terukur, kegiatan rekrutmen penyelenggara Adhoc yang adil dan transparan, mendorong daftar pemilih yang berkualitas, mengawal dan mendistribusikan logistik pemilu yang tepat jumlah dan tepat waktu, mengawal hari H pemilihan sehingga dapat berjalan aman, tertib dan sukses, dan kegiatan-kegiatan lain yang menarik untuk diungkap.

Di tahun 2020, terdapat 12 Kabupatendan Kota yang akan menggelar Pilkada, Pangkep salah satu dari kabupaten tersebut. Situasi dan upaya-upaya untuk menyiapkan Pemilu 2019 dan Pilkada tentu saja ada perbedaan. Mengingat Pilkada Bupati dan Wakil Bupati merupakan momentum penting bagi masyarakat Pangkep untuk memilih orang yang akan menahkodai Pangkep dalam kurun waktu lima tahun ke depan. Ada momentum pembuktian yang akan dijalani komisioner KPU di Pangkep untuk kembali menyukseskan Pilkada tahun 2020, setelah sebelumnya Pemilu 2019 di Pangkep berjalan dengan sukses. Salah satu indikatornya adanya peningkatan partisipasi pemilih yang dalam Pilgub 2018 di Pangkep berkisar 67.45 persen dan di Pemilu 2019 mencapai angka partisipasi 78.40 persen.

Kami di KPU Provinsi Sulawesi Selatan menyambut baik atas penerbitan buku ini dan semoga bisa menjangkau pembaca lebih banyak sehingga lahir dialektika pengetahuan mengenai sepertiapa kinerja KPU Kabupaten Pangkep.
_

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengetuk Pintu Demokrasi Melalui Cerpen dan Puisi

Kenali Pangkepmu - Beberapa Hal yang Perlu Diketahui

Membincang Bangku Cadangan